Survey Supply and Use Table/SUT - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Trenggalek

Kabupaten Trenggalek Dalam Angka 2023 -  sudah tersedia dan dapat didownload di sini. Untuk mendapatkan data BPS Kabupaten Trenggalek silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu (PST) BPS Kabupaten Trenggalek, Kantor BPS Kabupaten Trenggalek, Jln. Brigjend Soetran, Trenggalek, Jawa Timur setiap hari kerja mulai pukul 08:00 s.d 15:00 WIB. Selain itu layanan juga bisa dilakukan melalui chat Whatsapp 081249476727 || Untuk Layanan Pengaduan BPS Kabupaten Trenggalek, hubungi kami di nomor 081249476727 dan bps3503@bps.go.id pada jam kerja.

Survey Supply and Use Table/SUT

Survey Supply and Use Table/SUT

3 November 2015 | Kegiatan Statistik


Tabel penyediaan dan penggunaan ( Supply and Use Table/SUT ) Indonesia disusun dengan maksud untuk menyajikan  gambaran tentang gambaran timbal balik dan saling keterkaitan antar satuan kegiatan (sektor) dalam perekonomian di indonesia secara menyeluruh.Bentuk penyajian tabel SUT adalah matriks yang mencerminkan supply barang dan jasa dan sekaligus menginformasikan penggunaan barang dan jasa dalam perekonomian,dimana disajikan secara kolom dan baris.Kolom menampilkan industri sedangkan baris menampilkan komoditi.

Penyusunan tabel SUT selain mampu menghasilkan alat yang efektif untuk analisis dan proyeksi perekonomian dalam suatu perencanaan pembangunan,dapat juga dijadikan landasan untuk menilai dan mengetahui berbagai kelemahan data statistik lainnya.Dengan demikian hasil dari penyusutan suatu tabel SUT selanjutnya dapat dimanfaatkan dalam usaha penyempurnaan sistim perstatistikan nasional.

            Penyusutan tabel SUT dimaksudkan untuk melihat struktur  biaya atau ongkos produksi dan turunan pendapatan dalam proses produksi.Metode yang digunakan dalam penyusunannya menggunakan metode survey.Sektor usaha tetap dimintakan informasi tentang struktur input-nya,tetapi tidak harus mengidentifikasi region asal input dan region penerima outputnya.Selain itu penyusunan tabel SUT dimaksudkan untuk memberikan gambaran perekonomian secara makro.

            Usaha penyusunan tabel SUT selain menghasilkan bahan-bahan yang diperlukan untuk analisis dan proyeksi perekonomian dalam perencanaan pembangunan , juga dapat dijadikan masukan untuk pengembangan dan penyempurnaan sistem klasifikasi sektor,ruang lingkup,definisi dan metode estimasi dalam pengadaan data dasar perekonomian pada umumnya.

Survei ini bertujuan untuk memperoleh informasi terbaru mengenai struktur input dan rasio biaya antara dari seluruh sektor ekonomi.kegiatan yang menjadi fokus utama SKNP 2015 adalah usaha-usaha yang ketersediaan datanya belum lengkap.Terbatasnya biaya menyebabkan jumlah sampel yang diambil sebanyak 7.845 responden yang dialokasikan ke seluruh provinsi.

Kategori usaha yang dalam cakupan SKNP 2015 sesuai dengan klasifikasi baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) tahun 2009,yaitu: Pertanian,kehutanan dan perikanan, Pertambangan dan penggalian, Industri pengolahan, Pengadaan listrik,gas,uap/air panas dan udara dingin, Pengadaan air,pengolahan sampah dan daur ulang,pembuangan dan pembersihan limbah dan sampah, Konstruksi, Perdagangan besar dan eceran;reparasi dan perawatan mobil dan sepeda motor, Transportasi dan pergudangan, Penyediaan akomodasi dan penyediaan makan minum, Informasi dan komunikasi, Jasa keuangan dan asuransi, Real estate, Jasa profesional,ilmiah dan teknis, Jasa persewaan,ketenagakerjaan,agen perjalanan dan penunjang usaha lainnya, Jasa pendidikan, Jasa kesehatan dan kegiatan sosial, Kebudayaan,hiburan dan rekreasi, Kegiatan jasa lainnya.

Referensi waktu yang dicakup dalam penelitian ini adalah tahun 2013 dan 2014 dan responden yang menjadi objek penelitian adalah perusahaan/usaha baik yang berbadan hukum maupun tidak.pengalokasian sampel SKNP 2015  dilakukan secara merata pada seluruh provinsi.sementara itu,penentuan responden menggunakan metode purposive sampling atau non-probability sampling,yaitu dengan melihat potensi perusahaan/usaha yang berpengaruh terhadap perekonomian wilayah.Tabel 1 menyajikan jumlah sampel SKNP 2015 menurut kategori usaha dan provinsi.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten TrenggalekJl. Brigjend Soetran

Trenggalek - Jawa Timur

Indonesia

66310 Telp (62-355) 791432

Faks (62-355) 791432

Mailbox : bps3503@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik